Menyiasati Harga Hewan Kurban Dengan Tabungan Atau Arisan Kurban

Karena ibadah kurban merupakan sunnah muakkad, maka alloh sangat mencintai ibadah kurban ini. Ibadah yang dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah itu berawal dari kisah Nabi Ibrahim yang diperintah alloh menyembelih anaknya, kemudian alloh menggantikan anak Nabi Ibrahim yang bernama Ismail dengan seekor hewan ternak.

Sampailah pada umat islam saat ini yang selalu berkurban menyembelih hewan ternak. Konsekuensi dari hukum sunnah muakkad memang tidak berdosa saat tidak melakukannya. Dan bernilai cukup besar saat anda mampu melaksanakannya. Beberapa ulama kemudian membolehkan umat muslim untuk mengupayakan agar dapat melaksanakan ibadah kurban. Salah satunya melalui berhutang maupun melalui arisan.
Hewan Kurban
Hewan Kurban. (foto: liputan6.com)
Pelaksanaan berkurban hanya dibatasi dalam 4 hari, yakni pada 10 Dzulhijjah dan Hari Tasyrik (11,12,13 Dzulhijjah). Berangkat dari kondisi seperti itu, sebagian ulama memperbolehkan berhutang untuk berkurban dengan catatan ada keyakinan penuh beberapa waktu mendatang dapat dibayar.

Jika anda berminat untuk mengadakan tabungan atau arisan kurban, maka caranya sangat mudah. Saat ini, tentukan perkiraan harga hewan kurban pada tahun depan. Setelah mendapatkan jumlah yang sesuai, barulah dibagi berapa lama waktu yang akan digunakan untuk menabung kurban.

Sebagai contoh, jika harga seekor sapi adalah Rp. 17.000.000 dan anda bermaksud untuk menabungnya per bulan, maka dibagi 12 bulan. Jika ingin menabungnya per minggu, maka hitung juga jumlah minggu yang ada pada tahun itu. Dengan cara seperti itu, jumlah yang harus ditabungkan relatif jelas, sehingga tiap bulan akan menyimpan uang sebagai tabungan kurban. 

Tabungan kurban yang dimaksud bisa dikelola oleh suatu badan atau lembaga yang dipercaya atau dilakukan sendiri. Namun, jika dilakukan sendiri seringkali kita tergoda untuk mengambilnya saat membutuhkan uang. Pertanyaannya, bisakah kita menahan diri untuk tidak menggunakan uang tabungan kurban?

Harga hewan kurban memang selalu naik turun sebagaimana permintaan dan kesiapan stock hewannya. Siapkan pula cadangan uang untuk mengantisipasi melonjaknya harga hewan kurban secara tiba-tiba. Sehingga anda tidak perlu khawatir saat harganya naik. Kalaupun turun, kelebihan uangnya bisa dipakai untuk keperluan acara penyembelihan hewan kurban.

Sudahkah anda berkurban? Jika ingin mencoba berkurban, maka tabungkan uang yang anda miliki dari sekarang dan selebihnya Allah akan membantu niat baik kita. Jangan ragu berkurban karena allah akan menambahkan rizki kepada setiap muslim yang mau berkurban. Selain itu, keberkahan harta kita lebih teruji ketika mampu berbagi kepada sesama dengan hati yang ikhlas. Semoga Bermanfaat. 

Share on Google Plus

About Negara Daha

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar