7 Makanan Khas Yogyakarta yang Dijadikan Oleh Oleh

Yogyakarta memang jelas-jelas kota kenangan, tak heran jika kla Project mengabadikan nama kota ini menjadi sebuah lagu yang sangat indah. Namun bukan itu yang akan kita bahas kali ini melainkan ada 7 makanan khas Yogyakarta yang cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh. 

Sebetulnya cukup banyak makanan khas Yogyakarta namun ulasan berikut ini diambil dari beberapa makanan khas Yogyakarta yang paling populer dan juga paling sering dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berwisata ke Yogyakarta. 

1. Gudeg Yogya 
Ada banyak gudeg Jogja yang sangat terkenal bukan hanya di kotanya saja tapi juga sudah merambah ke ibukota. Gudeg terdiri dari tiga jenis yaitu gudeg kering gudeg basah dan gudeg Manggar. 

Umumnya gudeg basah hanya bisa dinikmati di tempat karena jika dibawa dan terlalu lama disimpan akan cepat menjadi basi. Sedangkan gudeg kering sangat cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh apalagi jika tempatnya menggunakan Kendi khusus sehingga membuat kesegaran dan rasa khas nya terjaga. 
Gudeg Yogya
Gudeg biasanya disajikan dengan krecek, sayur nangka, potongan telur atau dengan lauk ayam yang menggoda selera. Namun tak jarang disajikan juga dengan tahu atau tempe bacem.

Untuk bisa sarapan Gudeg Yogyakarta tentu kamu harus mencari lokasi tempat seperti dekat dengan Hotel Rengganis Yogyakarta yang strategis.

2. Sambal Krecek 
Sambal krecek adalah salah satu bagian dari gudeg Jogja. Namun makanan khas Yogyakarta ini juga bisa dinikmati terpisah tak harus langsung dengan gudegnya. 
Sambal Krecek
Sambal Krecek
Seperti halnya rendang padang sambal krecek sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Sambal kecap berasal dari kulit sapi yang dikeringkan kemudian diolah jadi makanan khas yang dicampur dengan cabai dan juga kacang. 

Umumnya makanan khas Yogyakarta sambal krecek memiliki cita rasa manis pedas, dan sedikit rasa gurih. Sambal krecek memang salah satu pelengkap untuk menikmati gudeg Yogyakarta.

3. Bakpia 
Inilah Salah satu kuliner Yogyakarta yang masih bertahan dari gempuran makanan makanan Eropa juga Amerika. Makanan khas Yogyakarta ini bahkan sudah berinovasi dengan beberapa varian rasa yang mengikuti perkembangan zaman. 
Bakpia
Misalnya Saya kan sudah ada bakpia rasa keju, bakpia rasa coklat, hingga rasa-rasa lainnya yang kekinian dan disukai oleh anak muda. Selain itu bakpia juga sekarang lebih tahan lama sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluar daerah atau melintasi pulau. 

Namun yang paling asli rasanya adalah bakpia rasa original yakni bakpia dengan rasa kacang hijau. Untuk menikmati cita rasa aslinya kamu perlu mencoba bakpia isi kacang hijau. Inilah salah satu oleh-oleh yogyakarta yang cocok untuk dijadikan buah tangan buat keluarga di rumah.

4. Yangko 
Selain bakpia Yogyakarta juga memiliki oleh-oleh lainnya yaitu yangko. Yangko dibungkus dengan kertas wajik namun rasanya lembut begitu juga dengan teksturnya yang tak jauh berbeda. 
Yangko
Yangko yang sekarang masih sama dengan yang kok aslinya dulu. Perbedaannya kini yang kau berwarna-warni perkembangan zaman. Sedangkan yang kau yang original biasanya berwarna putih. 

Yangko memiliki rasa manis sedikit gurih dan sangat lembut di mulut. Yang kau sangat cocok untuk camilan untuk menemani minum teh atau kopi di pagi hari.

5. Cenil Jogja 
Sebetulnya makanan khas ini bukan benar-benar dari Yogyakarta karena hampir dipastikan bisa ditemukan di daerah lainnya di pulau Jawa. Makanan yang diolah dari tepung sagu ini, kini lebih berwarna-warni cara menggunakan pewarna alami. 
Cenil Jogja
Cenil Jogja 
Sajikan dengan parutan kelapa di atas alas daun pisang. Perbedaan cenil Jogja dengan cenil daerah lainnya terletak pada tekstur, resep dan juga rasanya yang jelas berbeda. 

Makanan murah meriah ini tidak murahan karena termasuk salah satu kuliner warisan yang wajib dilestarikan dan dijaga dari kepunahan.

6. Geplak Jogja 
Tak berbeda dengan cenil Jogja, geplak Jogja Kini lebih inovatif karena memiliki warna-warni yang menggugah selera. Geplak Jogja berbahan dasar adonan kelapa parut dicampur dengan gula dan tepung sehingga menjadikan makanan yang manis dan enak. 
Geplak Jogja
Geplak Jogja
Geplak Jogja tak ubahnya seperti kue moci yang dibungkus dengan kotak yang dianyam dari bahan bambu.   Makanan khas ini memiliki cita rasa legit yang membuat setiap orang yang mencicipinya ingin merasakan lagi dan lagi.

7. Belalang Goreng 
Bagian terbiasa mungkin akan merasa aneh dan juga jijik melihat makanan khas gunungkidul Yogyakarta ini. Namun belalang termasuk binatang yang tidak memiliki darah sehingga Sama halnya seperti ikan. 
Belalang Goreng
Belalang Goreng
Belalang memiliki cita rasa yang khas bahkan ada yang bilang rasanya seperti udang, gurih nikmat apalagi di cocok dengan Sambal Matah. 

Makanan ini biasanya dijajakan di pinggir-pinggir sudah dikemas dalam bentuk toples tembus pandang. Kamu tak perlu memberikannya lagi bumbu-bumbu karena rasa original nya sudah gurih dan nikmat. Cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh antimainstream dari Yogyakarta.

Jika ingin menikmati semua makanan khas Yogyakarta tak ada salahnya untuk mencari hotel terdekat dengan tempat wisata kuliner di Yogyakarta. Pesan hotel online yang dekat dengan tempat wisata kuliner yang kamu inginkan. 

Share on Google Plus

About Negara Daha

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar